Latest News

recent

IslamicTunesNews | DI BALIK KISAH SEORANG SANTRI PONDOK PESANTREN


Sahabat IslamicTunesNews, kali ini kami akan menceritakan tentang perjalanan anak pondok pesantren dari salah satu pondok pesantren di Indonesia, seorang santri putri yang ingin ngebahagiain kedua orang tuanya,mari kita simak.
DIsebuah kemungkinan yang ga’ akan pernah nyangka bisa bahagiain ortu dengan masuk ke gontor bikin hidup ku b’ubah dengan segala hal yg da disana beda jauh banget sama kehidupan yg glamor bahkan jauh dari kesan nakal sekalipun . disana kita bisa belajar gimana susahnya ortu nyari uang buat kehidupan kita .disana hanya sekedar mencari makan,minum,atau jajanan sekalipun susah apalagi masuk kesana butuh biaya yg sangat mahal bayangin kalau emang uang itu hasil sendiri gimana kalau hasil pinjaman yg ortu bela-belain caribuat kita untuk kamu yg masuk ke gontur beruntung banget aku punya pesan buat kamu yg ga’betah disana ‘’JANGAN PERNAH BIKIN ORTU KECEWA’’ kalimat itu yg bikin motifasi untukku supaya bahagiain ortu dan ga’ pernah sekali untuk ngecewain ortu ga’ pernah sesekali bilang dlm sebuah pondok bagiku belajar emang nomor satu yg gaakan aku lupain gitu aja jujur selama aku hidup disana aku mempunyai banyak teman dari mulai sabang sampai marauke itulah yg susah buat kita nyamain perasaan satu sama lain dari mulai beda sifat,jenis,karakter,kebiasan,atau mungkin yg lain membuat kita jadi tau diri kita yg sebenarya tp kadang emang keketatan disana yg bikin kita pusing tapi 1hal yg selalu guru2ku bilang sama aku ‘’BAWA AJAH SEMUA JADI ENJOY ‘’jangan jadikan semua itu sebagai alasan yg buat kamu jadi ga’ betah ingat semua yg kamu terima akan jadi pengalaman yg buat motifasimu untuk intropeksi diri agar kamu bisa lebih nyaman disana ortuku pernah bilang samaku ‘’sebulan duabulan pasti masih merasakan yg namanya kangen ,ga’betah dll’’ tapi ortuku bilang padaku ‘’kalau kamu ingat ortu belajar yg rajin dan jangan mikirin yg buat ortu khawatir sama kamu’’ selain itu banyak kok keseruan2 disana apa kalian tau apa itu PG,DA,PKA,?itu semua acara yg dibikin sama kakak kelas kita dari mulai ngedekor panggung,busana,aransemen lagu,suara,begron,dll itusemua yg ngatur kakak kelas kita yg udah senior dari situ kita bisa nunjukin bakat kita dari mulai menari, menyanyi ,drama dan gaakan mungkin kamu mendengarkan ceramah yg bisa bikin kita ngantuk gara2 terlalu banyak isinya mungkin bisa sampai 4jam banyak lagi keseruan2 yg lain buat ku bahagiain ortu adalah yg pertama dari segalanya dan gaakan pernah mengecewakannya apalagi ke2ortumu ingin sekali menggapainya apalagi dengan masuknya dua orang yg masuk gontor membuatku bangga pada mereka yg mungkin harus berubah 180derajat dengan ruang lingkup di gontor tentang susahnya mengatur waktu untuk nyucibaju, makan,dll atau mungkin jiwa mereka yg masih ada di rumah yg buat kangen sama orang yg ada disana dan kehidupan yg ada disana atau orangtua yg masih ragu dengan mereka untuk ngelepasnya satu pesan buat kalian ‘’jadikan kehidupan kalian indah dengan adanya gontor ditengah2 kalian karena untuk masuk ke gontor itu butuh sebuah perjuangan ‘’ dan satu lagi yg ga’ mungkin dilakukan sama orang2 diluar tentang kebiasaan kita setelah belajar malam ‘’SYIAR’’ yg bisa jadi motifasi kita untuk mencapai sesuatu yg cemerlang untuk hari esok dan segenap do’a dari guru2kita apalagi setelah kita harus meninggalkan semua kenangan masa2 SD itu sangat susah berpisah dengan orang2 yg mungkin sudah percaya satu sama lain tentang suatu persahabatan yg ta’ mungkin susah dilupakan awalnya aku juga merasakan hal yg mungkin sama tapi aku berusaha untuk tetap bertahan disana agar aku bisa tunjukan sama orangtua kalau aku dan kita semua bisa ngejalaninnya dengan perlahan-lahan menghadang segala rintangan yg ada tanpa diketahui asalnya entah datang dari mana bagiku dan mungkin bagi kita semua untuk berpisah dengan saudara,teman,dan terpenting keluarga sangat susah bagi kita yg sudah hidup dengan kita selama kurang lebih dari 1dasawarsa atau sekitar 10 tahun lamanya tapi itu semua tergantung niatnya yg mungkin sangat kuat atau malah sebaliknya ingat kata pepatah ‘’BERAKIT-RAKIT KEHULU BERENANG-RENANG KEMUDIAN BERSAKIT-SAKIT DAHULU BERSENANG-SENANG KEMUDIAN’’ memetik buah yg manis emang susah tapi aku yakin pasti kalian bisa melaluinya memetik buah yg manis harus melewati duri2 yg bisa menyakiti tangan kita barulah kita semua bisa merasakan manisnya buah begitu juga manisnya perjuangan yg kita lalui disana bersama-sama dengan pulang2 membawa suatu kebahagian tersendiri bagi orangtua yg bangga menjemputnya kembali pulang dengan sepucuk angan akan anaknya bahagia disana lalu mereka akan mendo’akan agar anaknya tetap betah disana menggapai anak yg penuh cita disana tentang hidup yg mungkin belum pernah dilakukan oleh anak2 sebayanya entang kebisaan mereka yg setelah makan lalu dicuci piringnya itu hanya sebagian contoh yg mungkin sangat sederhana kelakuan yg sering dilakukan disana yg jarang dilakukan anak2 sebayanya atau mencuci bajunya sendiri suatu hal yg bisa membanggakan orangtua apalagi dikalangan orang yg memiliki fasilitas yg sangat mewah jarang bagi mereka bahkan mungkin tidak pernah sekalipun sampai harus memanggil pembantu dan harus mengurus segala keperluannya yg padahal bisa mereka kerjakan sendiri bagiku itu hanya anak yg masih membutuhkan naungan orangtuanya dalam hal apapun atau bisa dibilang anak maaf mungkin ‘’MANJA’’yg ta’ mengerti arti kehidupan yg sebenarnya dan ta’ mengerti betapa orangtua susah untuk melepaskanya untuk menyarahkan mereka kedalam suatu pondok pesantren dengan mengira agar mereka disana betah yg sudah mengalir sebagai anak yg terbilang tidak bisa lepas dari orangtua tapi itu mungkin jarang ditemukan orang digontor disana mungkin hanya untuk orang2 yg mau berusaha dan bangkit dari kesusahan tetang bisa atau belumnya pisah dari orangtua yg udah hidup lama sama kita dan harus dipisahkan untuk menuntut ilmu ditempat yg sangat jauh dari jangkauan orangtua kita boleh aku bilang sebenarnya kita jauh lebih dekat dari pada orang yg harus menyebrang pulau untuk menuntut ilmu sebanyak2nya seprti dari Sumatra,Kalimantan atau mungkin Papua bahkan orang yg dari luar negeri dan jika kita ingin mencoba berawaldari GONTOR PUTRI 2dari situlah berjalannya perjuangan yg menetukan masuk atau tidaknya ya dariujian yg harus kita jalani seperti ujian lisan disitu para guru2 melihat apakah hita sanggup melihat dan berbicara dengannya berlanjut kepada ujian tulis yg menguji otak kita dalam behitung dan yg terakhir adalah ujian pendengaran telinga yg tidak lain adalah imla’ mungkin ujian yg terakhir ini bisa menjadi awal untuk menempuh sebuah kelas tapi terkadang apabila manusia sudah yakin tapi mereka masih ragu menulisnya dan perkiraan yg mungkin mereka bisa tapi karena mereka ragu jadinya salah tapi keberhasilan tidak akan terjadi sebelum kepayahan yg terjadi berusahalah untuk mencapai keberhasilan jangan buat orangtuamu kecewa dengan orangtua yg sudah lelah mengantarkan kamu dan membayarkan segala keperluan kamu disana tanpa melihat keberhasilanmu bagi mereka hanya sesuatu yg menurut mereka sia2 saja dan melihat seorang putri yg menjadi santri wati dirumahnya mungkin hanya bisa menjadi angan yg entah terkabul atau tidak mungkin saja kita tidak tahu akan orangtua yg selalu mendo’akan kita disetiap sujudnya kepada sang kuasa agar memohon kepada putrinya yg mungkin sudah menjadi orang dewasa namun pemikirannya masih terbilang kanak2 untuk lebih dewasa dan dewasa lagi untuk menempuh masa depanya butuh masa pembelajaran yg sangat berkorban mungkin dulu aku juga masih manja,nangis,kangen tapi aku coba untuk membahagiakan orangtua dan memang butuh pengorbanan apalagi hati yg mungkin perasaanya masih dirumah yg kangen sama semuanya tapi aku berusaha untuk melupakannya dan berusaha untuk betah disana tanpa kita sadarinya itu sudah buat orangtua kita karena bagi mereka kebahagian kita nomor 1dan mereka akan mendo’akan kita sebaik2nya dan menurut aku kebahagian ortu juga nomor satu dan emang tuujuan ku masuk gontor selain ngebahagiain ortu aku juga nyari ilmu disana kita mungkin melihat kemajuan sekolah dari aktif atau engga maksudya dari prestasinya seperti mengikuti lomba ke luarnegeri dan aku emang melihat awalnya melihat gontor dari sisi itunya karna menurutku itu emang mencukupi pendapat orang tentang bagus atau engganya sekolahan selain itu aku dan ortu melihat dari pemakaian bahasanya disana kita habiskan semua waktu kita dengan belajar atau mencari pengalaman yg ga’ pernah kita temuin di tempat lain yg hanya ada disana saja dan menjadi bibit2 yg bisa di andelin sama orang lain dan yg utama orangtua yg bikin kita seneng dalam segala hal dan menjadi teman dalam kesusahan atau menjadi luapan kemarahan kita apalagi ibu yg bisa buat kamu ngerasa senang dan menjadisosok figur yg baik yg bisa buat kita nyaman berada disisinya dan seorang ayah yg bisa ngebantu kita dalam segala hal dalam pekerjaan yg berat dan ringan dan aku berusaha untuk ngebahagiain kedua ortuku dan ga’ pernah buat mereka kecewa sekalipun dan dalam segala hal yg ada di dunia ini dan ga’ akan nyakitin mereka atau jadi anak durhaka sekalipun dan ingin ngebahagiain mereka emangsih aku masih anak2 atau mau menuju masa remaja tapi aku berusaha untuk jadi yg terbaik diseluruh anak di dunia aku mungkin anak yg belum sempurna tapi aku mencoba untuk jadi yg terbaik untuk semuany terlebih pada orang tua Kini usia ku meranjak dewasa mengerti akan semua yang di inginkan ke dua orang tua meski umur ku masih belasan tahun .setahun sudah aku tinggal di pondok merasakan hidup di pondok emang selalu ada kisah yang ga biasa kita dengar di sekolahan lain selain di pondok . KELAS 2 predikat itu membuat ku harus menjadi contoh untuk adik-adik kudari mulai pakaian sampai bau badan dan kita juga harus sopan kepada kakak kelas karena kita sudah satu rayon sama mereka pargantian rayon ini membuat kita di rundung banyak masalah . Ada yang bilang kalau kita harus menghormati yang besar itu emang benar tapi orang besar seperti apa yang harus kita hormati apakah seperti orang yang tidak menyayangi adiknya meski bukan kandung mungkin menurut mereka . mereka sudah menyayangi kita tapi sayang seperti apa yang mereka berikan kepada kita apakah sayang yang mereka berikan malah membuat kita sedih bukan membuat kita senang . 
setiap orang yang di ciptakan oleh-Nya mempuyai sifat yang berbeda pada setiap individunya .Mungkin karena itulah kita berbeda dengan yang lain tapi ……….. apa tidak ada sedikit rasa untuk member kita sedikit perhatian apa itu susah .Akubilang seperti ini karena aku merasakan itu semua kejadian susah,senang,sedih dan banyak hal yang masih aku rasain ditempat ini ya ALAH kapan semua ini akan berakhair bahagia aku ingin merasakan kebahagian itu . aku selalu berdo’a untuk melawan rasa sedih ini tapi apakah Engkau tidak mengabulkan permohonan ku ini tapi aku yakin Engkau mendengar semua makhluk yang berdoa kepada-Nya aku yakin itu .


Dalam sujud ku selalu berdo’a kepada ALLAH .Setiap orang ingin merasakan kebahagian itu tapi bagaimana cara orang tersebut menjalani hidupnya dengan sabar,ikhlas, penuh perjuangan dan selalu berdo’a kepada-Nya . dan aku melalui semua caraku dengan berusaha keluar dari belenggu yang susah ini dengan cara bersabar dan ikhlas menjalani semua yang ada di depanku demi kebahagiaan semua orang disekitarku .

kisah santri putri  pondok pesantren darul arkam
IslamicTunesNews | DI BALIK KISAH SEORANG SANTRI PONDOK PESANTREN Reviewed by Unknown on 8:52 AM Rating: 5

No comments:

Assalamualaikum. Feel free to comments, giving ideas and taking parts for discussion on any content within this blog and its link, but please mind your words and behave as syaria compliance. We're Muslim, we're brothers and sisters....we're family!

Copyright © 2019 - Loonaq Records | IslamicTunes. All Rights Reserved.
Template by: Uong Jowo IslamicTunesNews | Muslim Musicpreneurs Community
Powered By Blogger

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.