Latest News

recent

IslamicTunesNews | TIGA HAL YANG WAJIB DITEMPUH SEBELUM MELAKUKAN PERKARA YANG WAJIB


Sahabat IslamicTunes yang dimuliakan oleh ALLAH SWT, Imam Ibnul Qoyyim rahimahullahu berkata :

“Seorang hamba jika berkeinginan untuk melakukan suatu perkara maka wajib atasnya untuk pertama kali melihat ; apakah hal semacam itu termasuk ketaatan pada Allah atau bukan?

Jika nyatanya hal semacam itu bukan ketaatan sebaiknya tidak dia kerjakan. Kecuali jika hal semacam itu adalah satu perkara yang hukumnya mubah/boleh-boleh saja serta digunakan untuk membantu terlaksananya ketaatan. Dalam keadaan seperti ini maka suatu hal yang asalnya mubah tadi berubah jadi bernilai ketaatan.
Lalu jika terlihat jelas baginya kalau hal semacam itu adalah ketaatan, sebaiknya dia melihat kembali hal itu apakah dirinya diberikan bantuan/pertolongan dari Allah untuk melakukan hal semacam itu atau tidak? Jika dia belum atau tidak memperoleh bantuan/pertolongan dari Allah untuk melakukannya maka janganlah dia memaksakan diri melakukan hal semacam itu karena hal semacam itu justru akan menghinakan dirinya sendiri.

Jika dia memperoleh bantuan/pertolongan dari Allah untuk hal semacam itu jadi masih ada perkara lain yang perlu diperhatikan ; yakni sebaiknya dia
mendatangi/memulai perbuatan itu dari pintu/jalan yang semestinya. Lantaran jika dia menghampiri perbuatan serta masalah itu tak melalui pintu/jalan yang harusnya maka dia pasti akan menyia-nyiakan, tidak menunaikan haknya, atau bahkan juga mengakibatkan kerusakan satu diantara bagian di dalamnya.

Ketiga perkara ini adalah pokok kebahagiaan dan sumber keberuntungan hamba. Berikut arti yang tersimpan dalam ucapan hamba ‘Hanya kepada-Mu kami beribadah dan hanya kepada-Mu kami meminta pertolongan. Tunjukilah kami jalan yang lurus’. (QS. Al-Fatihah 5-6).

Oleh karenanya manusia yang paling berbahagia yaitu orang yang menegakkan ibadah –ahlul ‘ibadah-, senantiasa memohon pertolongan Allah –ahlul isti’anah-, serta orang yang menadapatkan curahan hidayah –ahlul hidayah– terhadap segala hal yang dituntut. Dan orang yang paling binasa adalah orang yang kehilangan ketiga perkara ini sekaligus. ”

Dari info diatas, dapatkah kita tarik kesimpulan, kalau kebahagiaan itu ditegakkan diatas tiga pilar utama, yakni :

1.Ibadah kepada Allah (baca ; tauhid,)
2.Isti’anah kepada Allah (baca ; tawakal,)
3.Hidayah menuju jalan yang lurus (baca ; ilmu dan amal.)

Disalin dari buku “Tauhid : Kunci Kebahagiaan yang Terlupa”, Abu Mushlih Ari Wahyudi, hlm. 105-106, Pustaka Muslim, Yogyakarta.
Dipublikasikan ulang oleh Belitangzone.com

IslamicTunesNews | TIGA HAL YANG WAJIB DITEMPUH SEBELUM MELAKUKAN PERKARA YANG WAJIB Reviewed by Ibnu Syahrizal on 8:50 AM Rating: 5

No comments:

Assalamualaikum. Feel free to comments, giving ideas and taking parts for discussion on any content within this blog and its link, but please mind your words and behave as syaria compliance. We're Muslim, we're brothers and sisters....we're family!

Copyright © 2019 - Loonaq Records | IslamicTunes. All Rights Reserved.
Template by: Uong Jowo IslamicTunesNews | Muslim Musicpreneurs Community
Powered By Blogger

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.