Latest News

recent

IslamicTunesNews | SEMANGAT RAMADHAN, SEMANGAT EVALUASI DIRI!


Bulan Ramadhan telah tiba. Malam pertama shalat Tarawih, hampir semua masjid penuh sesak oleh jamaah. Prestasi!!! Sang penceramah pun bersemangat menyampaikan tausiyah-tausiyah nya. Tak lupa, Ayat 183 dari Q.S. Al-Baqarah, mendadak menjadi “trending topic”. Ya, karena ayat tersebutlah yang “mewajibkan” orang-orang yang beriman untuk berpuasa.


Keistimewaan Ramadhan

Jamaah pun teringatkan kembali akan “keistimewaan”  bulan Ramadhan. Sehingga termotivasi untuk “berinvestasi” amal secara besar-besaran selama satu bulan penuh. Ya, bulan Ramadhan tidak pernah berbeda kualitasnya, sejak jaman Nabi dan para Sahabat, hingga kini. Yang membedakan adalah kualitas individu pengisi bulan Ramadhan. Tentu jauh berbeda kualitas kita sekarang dengan jaman Nabi.

Seiring dengan itu, para pelaku hiburan tidak ketinggalan untuk “meraup” hikmah yang datangnya satu tahun sekali ini. Stasiun televisi berlomba-lomba menghadirkan “suansa” Ramadhan dengan beberapa tanyangan acara. Namun disayangkan, tidak banyak acara yang sesuai dengan semangat Ramadhan itu sendiri (silahkan pembaca identifikasi sendiri, ya).

Ah, saya hanya berdoa, semoga uforia ini tidaklah berlalu begitu saja, seiring dengan berlalu-nya bulan penuh hikmah. Termasuk (dan terutama) bagi diri saya sendiri. Selain semangat beribadah, mari kita juga semangat untuk mengevaluasi diri. Adakah perbedaan Ramadhan tahun lalu dengan sekarang? Apa indikator keberhasilan Ramadhan kita tahun ini? Jika Ramdhan ini adalah Ramadhan terakhir kita (mungkin karena kita di panggil Yang Maha Kuasa sebelum bertemu Ramadhan tahun depan), apa yang akan kita banggakan dihadapan-Nya?
Sahabat, mari kita jawab pertanyaan-pertanyaan di atas.

Semoga, output dari ibadah puasa (yakni TAKWA) akan kita raih bersama. Selamat menunaikan ibadah puasa. Selamat berinvestasi amal. Dan tidak lupa, selamat mengevaluasi kualitas Ramadhan kita dari tahun ke tahun.
Taqabbalallahu minna wa minkum…

Salam,

( Tulisan kiriman dari sahabat kami Imam Nugroho)
IslamicTunesNews | SEMANGAT RAMADHAN, SEMANGAT EVALUASI DIRI! Reviewed by Ibnu Syahrizal on 9:44 AM Rating: 5
Copyright © 2016 - Loonaq Records | IslamicTunes. All Rights Reserved.
Template by: Uong Jowo IslamicTunesNews | Halal Entertainment Community
Powered By Blogger

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.