Latest News

recent

IslamicTunesNews | ARTI MALAM NUZULUL QURAN YANG JATUH PADA MALAM 17 RAMADHAN

Malam Nuzulul Quran 2016 Yang Jatuh Pada Malam 17 Ramadhan 

Malam Nuzulul Quran adalah malam dimana Kitab Suci Umat Islam (Al-Qur’an) diturunkan secara keseluruhan dari lauhil Mahfudz ke Baitul ‘Izzah di langit dunia.
Kemudian secara berangsur di wahyukan kepada Nabi Muhammad SAW disepanjang kehidupannya atau dalam waktu kurang lebih 23 tahun.
Surat Al-Qur’an pertama yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad adalah Surat Al-Alaq sebanyak 5 ayat.
Untuk Ramadhan tahun 2016/1437 Hijriyah, Malam Nuzulul Qur’an jatuh pada malam ini, Selasa 21 Juni 2016.

Kaitan 17 Ramadhan dan Malam Nuzulul Quran
Al-Quran diturunkan pada malam lailatul Qadar  secara keseluruhan, namun penyampaiannya kepada Nabi Muhammad dilakukan secara berangsur-angsur.
وَقُرْآناً فَرَقْنَاهُ لِتَقْرَأَهُ عَلَى النَّاسِ عَلَى مُكْثٍ وَنَزَّلْنَاهُ تَنزِيلاً
Artinya : “Dan Al Quran itu telah kami turunkan dengan berangsur-angsur agar kamu membacakannya perlahan-lahan kepada manusia dan kami menurunkannya bagian demi bagian.”(QS. Al Isra : 106)
Sebagaimana dikutip dari Era Muslim, Lailatul Qadar sendiri berada pada 10 malam terakhir di Bulan Ramadhan. Yang menjadi pertanyaan saat ini adalah mengapa malam 17 Ramadhan di peringati sebagai Nuzulul Quran (Turunnya Alquran) ? Bukankan Al-Quraan diturunkan pada malam lailtul Qadar ?
Adapun yang menjadi dasar kaum muslimin memperingati Nuzulul Qur’an pada tanggal 17 Ramadhan dimungkinkan karena pada tanggal tersebut diturunkannya ayat pertama Al-Qur’an dari surat al Alaq kepada Nabi Muhammad SAW dari ayat 1 sampai 5.
Ibnu Katsir didalam kitabnya ”Al Bidayah wa an Nihayah”
Sebagaimana disebutkan oleh Ibnu Katsir didalam kitabnya ”Al Bidayah wa an Nihayah” menukil dari al Waqidiy dari Abu Ja’far al Baqir yang mengatakan bahwa awal diturunkannya wahyu pertama kepada Rasulullah saw adalah pada hari senin tanggal 17 Ramadhan akan tetapi ada juga yang mengatakan tanggal 24 Ramadhan.
Itulah mengapa malam 17 Ramadhan diperingati sebagai malam Nuzulul Quran (Turunnya Al-Qur’an), hal tersebut dikarenakan Ayat Al-Qur’an pertama yang di wahyukan kepada Nabi Muhammad adalah pada tanggal tersebut.
Untuk memperingati Malam Diturrunkannya Al-Quran ini, di Indonesia biasanya dilakukan ceramah atau pengajian khusus bertemakan Nuzulul Qur’an.
 

IslamicTunesNews | ARTI MALAM NUZULUL QURAN YANG JATUH PADA MALAM 17 RAMADHAN Reviewed by Ibnu Syahrizal on 4:50 PM Rating: 5
Copyright © 2016 - Loonaq Records | IslamicTunes. All Rights Reserved.
Template by: Uong Jowo IslamicTunesNews | Halal Entertainment Community
Powered By Blogger

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.