Latest News

recent

IslamicTunesNews | YUK!!! BERSEDEKAH

Yuk!! Mari bersedekah

Terkadang kita dengan gampangnya mengeluarkan uang puluhan ribu atau bahkan ratusan ribu untuk sekedar duduk-duduk di kafe, nonton di bioskop, karaoke, jalan-jalan, dan lain-lain tetapi sulit sekali rasanya untuk sekedar mengeluarkan uang untuk bersedekah. Padahal kalau kita paham dan merasakan dampaknya kita ga akan berhenti bersedekah. Ya, Kita akan ketagihan untuk bersedekah.

Keuntungan bersedekah
Keuntungan bersedekah itu bermacam – macam Pertama yang pasti kita mendapat pahala dari Allah SWT ( itu pasti)  selain itu juga sedekah bisa menambah rezeki?? Percaya Ga ya ? Mari kita simak hadis berikut :
Rasulullah saw bersabda: Bersedekahlah kalian, karena sesungguhnya sedekah dapat menambah harta yang banyak. Maka bersedekahlah kalian, niscaya Allah menyayangi kalian. (Al-Wasail 6: 255, hadis ke 11)

Sedekah penghasilan
Sedekah 2,5 % dari penghasilan, Tapi ada yang bilang sedekah 10% dari penghasilan kita, (langsung deh pada ngitung-ngitung gaji dan jumlah sedekah. hehehe)  Kalau kita sedekah 1x maka Allah akan membalas 10x. Mari kita coba hitung – hitung keuntungan sedekah dari rumus Ustadz Yusuf Mansyur . Misal nih kita punya penghasilan Rp. 2.000.000 nah kita sedekahkan Rp. 200.000,- dari hasil tersebut kita akan mendapat balasan Rp. 2.000.000 + Rp. 1.800.000 = Rp. 3.800.000,-. And it’s works !!! Sure !!!

Trus gimana yang udah sedekah tapi ternyata rezekinya ga nambah-nambah ?
Mari kita lihat dulu niat sedekah kita, Ada factor – factor yang mempengaruhi nilai dari sedekah itu ga ? misalnya dengan sedekah kita berharap dapat dinilai orang dermawan, atau mungkin yang kita sedekahkan tidak ikhlas. Atau mari kita menghitung lagi rezeki yang selama ini sudah kita peroleh, baik pendidikan, kesehatan, jabatan, pekerjaan, dan lain – lain, semua itu adalah rezeki dari Allah. Kalau mau di hitung – hitung ulang  mungkin kita malah berhutang sama Allah.
Ada lagi selain punya manfaat sedekah juga punya keutamaan lain, mari kita simak ayat dibawah ini :

Ambillah zakat dari sebagian harta mereka , dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka, dan mendo`alah untuk mereka. Sesungguhnya dia kamu itu ( menjadi ) ketentraman jiwa bagi mereka. Dan Allah (menjadi) ketentraman jiwa bagi mereka, Dan Allah Mendengar lagi Maha Mengetahui.“ (QS At-Taubah: 103)
Kalau bergitu siapakah orang yang pantas kita beri sedekah ?
Yang paling utama adalah kepada kedua orang tua, kemudian kepada keluarga terdekat. Sebagaimana sabda Rasulallah SAW,
“Hendaklah kamu berbuat baik kepada Ibumu kemudian ibumu sekali lagi ibumu, kemudian bapakmu kemudian orang orang yang terdekat dan terdekat”,(HR Bukhari).

Sedekah kepada keluarga terdekat ini mengandung dua nilai sekaligus, nilai sedekah dan nilai silaturahim.

Apa yang disedekahkan ?
Dalam Q.S Surat Ali Imran {3} : 92 Allah berfriman :
Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sebahagian harta yang kamu cintai,” (QS Ali Imran [3]:92).
Dari firman diatas jelas jika kita ingin bersedekah kepada orang lain hendaknya memberikan sesuatu yang terbaik dari yang kita punya. Karena kebiasaan kita pada umumnya adalah memberikan sesuatu kepada orang lain karena kita atau dirumah kita tidak ada yang mau memakainya atau menggunakannya.
Kemudian bagaimana jika kita tidak memiliki harta kekayaan untuk disedekahkan, Jika kita tidak mampu bersedekah dengan harta, maka kita bisa bersedekah dengan tenaga, yakni membantu pekerjaan orang lain. Namun jika bersedekah dalam bentuk ini juga tidak bisa, maka hendaknya kita berusaha sekuat tenaga untuk tidak melakukan perbuatan atau perkataan yang menyakiti orang lain. Yang paling utama dan sangat mudah adalah sedekah dengan  ‘senyuman” Uppssss tapi jangan senyum – senyum sendiri yaaa ?

Untuk kita kaum muda bersedekah lebih utama dari pada orang tua atau yang sudah mulai sakit-sakitan. Kenapa ? karena kalau dengan kondisi fisik yang masih prima, sehat dan bugar kita memikirikan ibadah dan nilai toleransi kepada orang lain, bukankah itu menjadi nilai tambah untuk kita kaum muda ini ?  Sementara anak muda diluar sana masih sibuk dengan urusan dunia.

Jadi Tunggu Apa Lagi ???
Mari bersedekah....
Yang Muda Yang Besedekah !!!!


IslamicTunesNews | YUK!!! BERSEDEKAH Reviewed by Ibnu Syahrizal on 1:48 PM Rating: 5
Copyright © 2016 - Loonaq Records | IslamicTunes. All Rights Reserved.
Template by: Uong Jowo IslamicTunesNews | Halal Entertainment Community
Powered By Blogger

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.