Latest News

recent

IslamicTunesNews | CENDIKIAWAN MUSLIM TERNAMA DR.ZAKIR NAIK

Bagi kamu yang pernah menonton video Dr. Zakir Naik saat sedang ceramah, mungkin kamu akan melihat bagaimana beliau menjawab banyak pertanyaan dari kusioner dengan sangat detail dan mendalam. Hal ini pun tentu saja berkaitan dengan daya ingat Dr. Zakir Naik dalam menghafal banyak literature terutama kitab-kitab suci.
Nah, yang menarik, dalam sebuah video ceramah di Youtube, Dr. Zakir Naik mendapat pertanyaan dari seorang wanita bernama Wandena yang menyangkut daya ingat Dr. Zakir Naik yang luar biasa.
“Bagaimana saudara bisa menghafal banyak dalil (termasuk Qur’an dan kitab suci lain) dengan sangat fenomenal?”
Dr. Zakir Naik pun menjawab dengan sangat lembut:
”Saudari ini mengatakan bahwa hafalanku sangat fenomenal, dan jujur ini merupakan pemberian Allah Subhanahu wa Ta’ala. Dan apakah ada ayat Al Qur’an yang menyingung soal hafalan?”
Dr. Zakir Naik juga mengatakan bahwa rahasianya tersebut didapat dari Al-Qur’an.
“Banyak orang bertanya dengan hal yang sama padaku; apakah rahasianya? Apakah saya memiliki chip computer di otak? Rahasianya ada di dalam Al Quran,” ujarnya sambil mengangkat mushaf.
Lebih lanjut, penceramah dengan gaya khasnya tersebut menambahkan bahwa dalam pelatihan program dakwah yang dimotorinya, ia memberikan fokus tiga hal. Pertama, adalah selalu bertawakal pada Allah. Hal ini juga sesuai dalam surat Ali Imran ayat 160:
“Jika Allah menolong kamu, maka tidak ada orang yang bisa mengalahkanmu. Jika Allah membiarkanmu, maka siapakah gerangan yang dapat menolong kamu selain dari Allah. Karena itu hendaklah kepada Allah saja orang-orang mukmin bertawakal”.

Pembicara Muslim Yang Berasal Dari India, siapakah dia?

Zakir Naik. Siapa dia? Beliau merupakan salah satu pembicara muslim yang berasal dari India dan juga merupakan ahli perbandingan agama. Selain itu beliau juga merupakan seorang penulis yang banyak menulis buku mengenai islam dan perbandingan dengan agama lain. Nama lengkapnya adalah Zakir Abdul Karim Naik. Zakir Naik lahir pada tanggal 18 Oktober 1965 di Kota Mumbai, India. Ayahnya bernama abdul Karim naik. Zakir memulai pendidikannya dengan bersekolah di St. Peter's High School (ICSE) di kota kelahirannya yaitu Mumbai. Dari sana ia kemudian masuk di Kishinchand Chellaram College dan kemudian ke Topiwala National Medical College, di sekolah tersebut, ia banyak mempelajari mengenai ilmu kesehatan.

Dari Seorang Dokter Menjadi Pendakwah
Zakir Naik kemudian melanjutkan kuliahnya di University of Mumbai, India di jurusan Ilmu Kedokteran dan memperoleh gelar MBBS (Bachelor of Medicine Bachelor Of Surgery) setelah itu ia bekerja sebagai dokter di kota Mumbai. Namun kemudian pada tahun 1991, ia mengambil keputusan dengan berhenti sebagai dokter medis dan kemudian beralih menjadi seorang pendakwah Islam. Keputusannya menjadi seorang pendakwah terinspirasi dari Ahmed Deedat yang merupakan seorang pendakwah Islam yang aktif melakukan dakwah selama 40 tahun lebih.


Selain itu tujuan dari dakwah yang dilakukan oleh Dr. Zakir Naik adalah untuk menghilangkan pandangan negatif tentang islam oleh banyak orang anti-islam setelah tragedi serangan 11 september 2001 yang terjadi di Amerika Serikat. Selama aktif menjadi seorang pendakwah, Dr Zakir Naik sudah banyak berkeliling dunia mengunjungi banyak negara selama menjadi pendakwah. Dalam perjalanannya sebagai seorang pendakwah, debat atau ceramahnya paling banyak dilakukan di India dan rata-rata di hadiri oleh puluhan ribu orang dalam setiap ceramahnya.

Ia sudah banyak mengadakan ceramah dan debat mengenai agama di banyak negara di dunia, dan ia biasa mengadakan ceramah atau debat di kota kelahirannya, Kota Mumbai, India.  Acaranya tidak hanya dihadiri oleh kaum muslim saja tetapi ada juga dari kristen, Hindu hingga Atheis yang ingin bertanya kepada Zakir Naik.

Sejak Zakir Naik aktif mengadakan ceramah dan debat, banyak jurnalis dari India dan luar India yang menulis mengenai Dr. Zakir Naik, rata-rata mereka menulis kata-kata yang biasa dikeluarkan oleh Dr. Zakir Naik seringkali 'kejam', ada juga yag mengatakan bahwa Zakir Naik terkadang sering mencerca kepercayaan lain dan dunia barat secara umum.


Hafalan Al Quran  dan Hadist Serta Pemahaman Kuat Terhadap Kitab-Kitab Agama Lain

Salah satu kemampuan yang dimiliki oleh Dr. Zakir Naik dalam melakukan dakwahnya adalah ia ingatannya yang kuat (hafalan) tentang alquran dan hadist bukhari muslim. Ia juga memiliki hafalan yang kuat terhadap kitab-kitab agama lain seperti kitab weda, tripitaka, bhagavad gita. Bahkan dalam banyak videonya di Youtube, Dr Zakir Naik terkadang mengoreksi kutipan dalam Injil atau Bibel yang biasa diajukan oleh penonton yang menghadiri ketika sesi bertanya. Dalam hal ini beliau juga memiliki pengetahuan atau hafalan yang baik terhadap kitab Injil.

Surat kabar Indian Express bahkan memasukkan nama Dr Zakir Naik kedalam daftar '100 orang India terkuat 2009'. Ia juga masuk dalam daftar '10 guru spiritual terbaik di India' dimana ia satu-satunya muslim dalam daftar tersebut. Beliau menikah dengan perempuan bernama Farhat Naik dan dari pernikahannya tersebut, beliau dikarunia dua orang anak bernama Fariq Zakir Naik dan Rushda Naik. Ia juga dikenal presiden dari Islamic Research Foundation dan juga pendiri Peace TV, Peace TV Bangla dan Peace TV Urdu.
IslamicTunesNews | CENDIKIAWAN MUSLIM TERNAMA DR.ZAKIR NAIK Reviewed by Ibnu Syahrizal on 3:21 PM Rating: 5
Copyright © 2016 - Loonaq Records | IslamicTunes. All Rights Reserved.
Template by: Uong Jowo IslamicTunesNews | Halal Entertainment Community
Powered By Blogger

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.