Latest News

recent

IslamicTunesNews | ISLAMICTUNES MENGUCAPKAN SELAMAT HUT RI KE 71 TAHUN KEMERDEKAAN INDONESIA

Kemerdekaan Indonesia diperjuangkan

Kemerdekaan Negara Indonesia diperjuangkan dengan darah dan nyawa para pahlawan bangsa. Kaum santri juga turut berjuang, memberikan andil dan sumbangsih besar terhadap pergerakan nasional yang berujung pada kemerdekaan Indonesia. Namun, jejak para kiai pesantren dalam narasi perjuangan bangsa tidak mendapat ruang dalam sejarah resmi di negeri ini.

Ulama dan kiai ikut serta dalam kemerdekaan

“Perjuangan para kiai memang diniatkan dengan ikhlas dan mengabdi untuk negeri. Namun, selama ini narasi utama sejarah Indonesia tidak memberikan ruang yang cukup terhadap kontribusi para kiai pada masa perjuangan kemerdekaan. Inilah pentingnya buku, bagaimana gambaran perjuangan, visi, nilai etik para kiai dapat diteladani pada masa kini, yakni berjuang untuk bangsa Indonesia, pada bidang keahlian apapun. Menjaga agar bangsa ini tetap bersatu, tidak terpecah belah.

Pola politik pecah belah dan adu-domba yang menjadi strategi kolonial masih terjadi hingga kini. “Sejarah mencatat bahwa para santri dan orang-orang Tionghoa bersatu dalam perjuangan melawan penjajah. Hal ini, tampak pada masa Perang Kuning (1740-1743) dan Perang Jawa (1825-30), juga pada masa-masa akhir abad 19. Namun politik Belanda memecah mereka dengan jurang pemisah, baik struktural maupun kultural. Sekarang ini, terlihat bagaimana adu domba juga terjadi di berbagai sektor, misal antar ideologi Islam, hingga kepemimpinan. Kita harus belajar dari sejarah, agar menjadi waspada dan mengerti pola strategi politik. Para kiai dan kaum santri, jelas menjadi benteng penting kokohnya NKRI,”
IslamicTunesNews | ISLAMICTUNES MENGUCAPKAN SELAMAT HUT RI KE 71 TAHUN KEMERDEKAAN INDONESIA Reviewed by Ibnu Syahrizal on 11:17 AM Rating: 5
Copyright © 2016 - Loonaq Records | IslamicTunes. All Rights Reserved.
Template by: Uong Jowo IslamicTunesNews | Muslim Musicpreneurs Community
Powered By Blogger

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.