Latest News

recent

IslamicTunesNews | APAKAH BERBEDA NASYID DAN MUSIK RELIGI?

Nasyid vs Musik Religi

Nasyid adalah salah satu seni Islam dalam bidang seni suara. Biasanya merupakan nyanyian yang bercorak Islam dan mengandungi kata-kata nasihat, kisah para nabi, memuji Allah, dan yang sejenisnya.” Begitulah kata mbah Wiki tentang Nasyid
Lalu bagaiman dengan lagu religi? Lagu religi mah (menurut saya) ya sekedar lagu tentang agama atau Tuhan. Lebih tepatnya puji-pujian tentang Tuhan. Lalu apa bedanya antara nasyid dan lagu religi? Ini dia perbedaannya menurut saya dan hasil diskusi
Kalau Nasyid itu penyanyinya (munsyid) dituntut untuk memiliki akhlak yang baik (islami) sedangkan untuk penyanyi religi, siapapun bisa menyanyikannya.
Kalau ada seorang munsyid yang ketahuan melanggar etika islam bahkan dalam kehidupan pribadinya, misal ketahuan berpelukan dengan lawan jenis yang bukan muhrim, maka serta merta para munsyid lain akan mengecam pelaku tersebut bahkan mungkin mengeluarkannya dari “barisan”. Barisan apaan? Apa para munsyid lagi latihan PBB? engga lah, berikutnya akan kita bahas ttg itu.
Nah, kalau misalnya ada artis yang nyanyi shalawatan di bulan ramadhan lalu kembali ndangdutan dengan goyang ngebor di bulan setelahnya, nah itu yang masuk kategori penyanyi lagu religi. Dan tidak ada yang protes dengan apapun tindakan sang penyanyi.

Nasyid mempunyai misi yang baik, lagu religi kebanyakan misinya komersial
Beberapa nasyid bahkan ada yang sama sekali tidak berniat memperoleh imbalan materi apapun. Ada yang ingin memberi semangat melalui lagu-lagunya. Ada yang ingin menarik simpati massa yang ogah-ogahan kalau disuguhi berita atau bacaan teks tentang kejadian2 faktual tentang islam, nah beberapa nasyid ini melagukannya karena kebanyakan kuping orang lebih “nerimo” dengan untaian kata yang beralun manis.
See, emang kebanyakan nasyid tujuannya baik atau paling tidak memberi nasehat. Dalam kesamaan misi tersebut, mereka seolah-olah terikat dalam satu ‘barisan’ (seperti yang saya sebut tadi) yang… ya sebenarnya tidak ada bentuk formalnya, meskipun ada ikatan nasyid indonesia dan lembaga formal lainnya, namun di luar itu, para munsyid (saya yakin) memiliki sesuatu yang “you know what“. Dan si “you knwo what” itu yang membuat masing-masing munsyid tahu batasan-batasan mana seseorang itu masuk kategori penyanyi nasyid atau penyanyi lagu religi komersil…

IslamicTunesNews | APAKAH BERBEDA NASYID DAN MUSIK RELIGI? Reviewed by Unknown on 9:51 PM Rating: 5

No comments:

Assalamualaikum. Feel free to comments, giving ideas and taking parts for discussion on any content within this blog and its link, but please mind your words and behave as syaria compliance. We're Muslim, we're brothers and sisters....we're family!

Copyright © 2019 - Loonaq Records | IslamicTunes. All Rights Reserved.
Template by: Uong Jowo IslamicTunesNews | Muslim Musicpreneurs Community
Powered By Blogger

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.