Latest News

recent

IslamicTunesNews | NASYID? YAH HARUS BERKUALITAS

Dunia nasyid sebenarnya masih terbuka lebar

Memasuki dunia nasyid memang gampang-gampang susah. Dibilang gampang karena di dalam dunia nasyid ini, masih belum banyak persaingan dibandingkan yang terjadi dalam dunia musik umum (selain nasyid), sehingga kesempatan untuk sukses di dunia nasyid sebenarnya masih terbuka lebar.
Mau bukti? Coba sebutkan di luar kepala, munsyid – munsyid yang terkenal satu tahun ke belakang sampai saat ini. Pasti tidak lebih dari hitungan jari (yaa .. paling banter ditambah dengan jari kaki kamu; kalo lebih, silakan minta bantuan jari tangan dan kaki temen kamu hehehe …). Meskipun berjumlah puluhan, persaingannya bisa dibilang kecil, dibandingkan di dunia musik umum, dimana tiap bulannya muncul puluhan artis baru. Berarti dalam setahun ratusan pesaing baru menanti.
Perlu diketahui, khalayak nasyid lebih tersegmen dan mempunyai ciri yang khas dibandingkan khalayak pendengar jenis musik lain yang lebih plural. Kita dapat memastikan bahwa kebanyakan pelajar atau mahasiswa yang aktif dalam lembaga dakwah sekolah atau kampus, para santriwan-santriwati ataupun orang-orang yang tergabung dalam jamaah pengajian tertentu, relatif lebih menyukai dan lebih setia pada nasyid daripada musik yang lain. Hal ini lebih memudahkan kita mengenali pasar nasyid yang ada sebelum memutuskan untuk terjun dalam dunia nasyid.
Cara buat jadi munsyid sukses
Tapi kok masih susah juga ya untuk jadi munsyid yang sukses? Sudah keluar puluhan juta rupiah untuk biaya produksi, promosi dan pemasaran, kok masih melempem juga? Sampel album sudah diberikan ke radio dan beberapa kali diputar, tapi kok nggak ada yang suka apalagi me-request? Atau mungkin kamu sudah coba membuat demo nasyid dan menawarkannya ke label rekaman, tapi kok ditolak melulu ya? Nah, sebelum ini kamu alami, coba tanyakan dua pertanyaan ini pada dirimu (dan tentunya tim nasyid mu!) : “Seberapa berkualitas dan unikkah tim nasyidku?”

Seberapa Berkualitas
Kualitas yang dimaksud disini (khususnya dalam produk rekaman) bisa sangat kompleks dan saling mempengaruhi. Faktor-faktor yang berkaitan dengan kualitas karyamu antara lain musik, vokal, harmonisasi vokal, lagu, harmonisasi musik, harmonisasi antar vokal dan musik, kesesuaian karakter vokal dan lagu, dan paduan kesemuanya. Di luar itu, kualitas perangkat rekaman dan skill sang sound engineer juga berpengaruh besar.

Tidak semua faktor tersebut harus kamu tonjolkan sekaligus. Yang pasti, kesemuanya harus bisa berbaur dengan sempurna untuk menghasilkan karyamu yang terbaik. Apakah kamu memproduksi albummu sendiri ataupun bernaung di bawah label, kualitas seperti ini mutlak kamu punyai.
IslamicTunesNews | NASYID? YAH HARUS BERKUALITAS Reviewed by Ibnu Syahrizal on 2:58 AM Rating: 5
Copyright © 2016 - Loonaq Records | IslamicTunes. All Rights Reserved.
Template by: Uong Jowo IslamicTunesNews | Muslim Musicpreneurs Community
Powered By Blogger

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.