Latest News

recent

IslamicTunesNews | PRESIDEN JOKO WIDODO DAN PERDANA MENTERI DATO 'SRI MOHD NAJIBTUN ABDUL RAZAK MEMBUKA WORLD ISLAMIC ECONOMIC FORUM KE-12 DI JAKARTA


Presiden Joko Widodo & Perdana Menteri Malaysia Dato 'Sri NajibTun Abdul Razak Buka WEIF Jakarta

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan Perdana Menteri Malaysia Dato 'Sri NajibTun Abdul Razak hari ini membuka secara resmi Forum Ekonom iIslam Dunia (World Islamic Economic Forum) ke-12 yang akan berlangsung dari 2-4 Agustus 2016. Pembukaan forum ini juga di hadiri oleh 5 pemimpin dunia lainnya, termasuk: 
Presiden Republik Tajikistan Emomali Rahmon, Presiden Republik Guinea Alpha Conde, Perdana Menteri Sri Lanka Ranil Shriyan Wickremenshinghe, Wakil Perdana Menteri dan Menteri Perdagangan Kerajaan Yordania Dr Jawad Al Anani dan Presiden Pembangunan Bank Islam (IDB) Dr. Ahmad Mohamed Ali.

Tujuan WIEF Jakarta ke-12
Forum WIEF ke-12 bertujuan untuk lebih mengeksplorasi peran penting dari usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di negara-negara di seluruh dunia, sejalan dengan tema Forum tahun ini, "Desentralisasi Pertumbuhan, Memberdayakan Bisnis Masa Depan".

Penyelenggaraan WIEF ke-12 

Menekankan perlunya memperkuat desentralisasi pertumbuhan melalui pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar dapat memperoleh pengakuan dalam mutu, kualitas, dan standard secara internasional, serta terkoneksi dalam jaringan bisnis maupun investor regional maupun global. Untukitu, digitalisasi UMKM juga harus diperluas dalam kegiatan ekonomi melalui adaptasi dan pemanfaatan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi untuk memperlancar interaksi antar pelaku ekonomi global.

UMKM dapat dikatakan sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia. Hal ini mengingat sekitar 99% dari bisnis di Indonesia adalah UMKM dan lebih dari 98%-nya didominasi oleh perusahaan mikro. Sektor UMKM menyerap tenaga kerja lebih dari 107,6 juta penduduk Indonesia dan berkontribusi sekitar 60% terhadap PDB Indonesia. Angka initerusmen ingkat sejalan dengan perkembangan industrikreatif di seluruh negeri. Dengan adanya desentralisasi pertumbuhan, UMKM akan terus diberdayakan dengan memfasilitasi keikut sertaan mereka secara lebih besar dalam perekonomian. Hal ini akan menjamin pembangunan ekonomi yang inklusif, meningkatkan inovasi dan efisiensi, serta memberikan keunggulan kompetitif dalam menghadapi lanskap bisnis yang terus berkembang.

Untuk memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan UMKM di Indonesia, pemerintah telah mengeluarkan beberapa paket kebijakan ekonomi untukmeningkatkanpertumbuhanekonomi yang inklusif. Beberapa dari mereka memiliki dampak langsung pada perkembangan UMKM, seperti pelonggaran peraturan terkait UMKM, peningkatan pelayan kredit UMKM, pemangkas anperizinan ekspor, dan pemberian bunga kredit ekspork husus.

Ekonomi Islam global terus berkembang karena semakin banyak Muslim yang aktif sebagai investor dan produsen, bankir dan pedagang,serta pesaing dan pemasok. Belanja konsumen Muslim juga terus meningkat terutama pada permintaan untuk layanan keuangan, investasi dan asuransi, makanan halal, busana Muslim (modest fashion) sertawisata halal. Bahkan pasarnon-Muslim saat ini juga tertarik dengan produk dan layanan Islam yang berdasarkan etos kesadaran sosial-ekonomi Islam yang diwujudkan dalam berbagai sektor.

Isu-isu kunci yang akan di bahaspada WIEF ke-12 Diantaranya adalah suku kuntuk pembiayaan infrastruktur, integrasisektor Halal dan Keuangan Syariah, perluasan industri makanan halal global, perkembangan industri fashion muslim (modest fashion) global, peningkatan akses pendanaan bagi UMKM, integrasi UMKM kedalam ekonomi digital,peningkatan inovasi dengan menghubungkan startups dengan perusahaan, dan penanaman budaya desain-pemikiran (design-thinking) untuk bisnis. Selain itu, forum ini juga akan menghadirkan beberapa sesi pembahasan tentang industri kreatif, wisata Islam dan pasar makanan halal yang juga akan memperoleh manfaat dari pesatnya pertumbuhan ekonomi Islam. Potensi tersebut tidak hanya terbatas pada dunia Muslim, tetapi dapat lebih berkembang melalui kemitraan yang lebih luas dengan Komunitas internasional.

WIEF ke-12 dikelola oleh WIEF  Foundation dan diselenggarakan oleh Kementerian Keuangan, bekerjasama dengan Sekretariat Negara dan Kementerian Luar Negeri. Forum tahun ini akan terus menjembatani dunia usaha dengan menyediakan berbagai platform networking bagi delegasi yang ingin terlibat dengan kolaborator bisnis potensial dan investor, dan untuk negara-negara yang berniat untuk menampilkan peluang perdagangan dan memperluas jangkauan bisnis mereka. Platform networking initer masuk diantaranyaComplementary Programmes, Exhibition, IdeaPad, Business Exchange, 12th WIEF Linked UpdanBusiness Networking Breakfast (BNB).
WIEF ke 12 akan dihadiri oleh lebih dari 2.500 delegasi dari 69 negara dan 152 tamu penting; termasuk para pemimpin dunia, 6 menteri, sekitar 51 pembicara forum, 55 pembicara program pelengkap, 15 Ideapad Presenters, dan 16 pelaku pertukaran bisnis dari seluruh dunia. Para pembicara berasal dari berbagai negara, termasuk Indonesia, Malaysia, Singapura, Amerika Serikat, Inggris, Italia, Kenya, Ethiopia, Swiss, UniEmirat Arab, Swedia, Afrika Selatan, Spanyol, dan Australia. 
Para delegasi forum juga dapat mengikuti Marketplace of Creative Arts (MOCAfest) yang akan diselenggarakan 3-4 Agustus 2016. MOCAfest diselenggarakan dengan tujuanuntuk menjembatani hubungan dinamis antara sektorbisnis dan seni. MOCAfest tahun ini berfokus pada ekspresi artistik kreatif dari beragam budaya dinamis yang dimiliki oleh berbagai komunitas di Indonesia. Acara ini mengangkat konsep ‘Persatuan dalam Keberagaman' yang terkemas sebagai semboyan resmi Indonesia yakni "Bhinneka Tunggal Ika" yang diharapkan dapat mempromosikan semangat perdamaian dan kemakmuran diseluruh dunia.



IslamicTunesNews | PRESIDEN JOKO WIDODO DAN PERDANA MENTERI DATO 'SRI MOHD NAJIBTUN ABDUL RAZAK MEMBUKA WORLD ISLAMIC ECONOMIC FORUM KE-12 DI JAKARTA Reviewed by Unknown on 8:21 PM Rating: 5

No comments:

Assalamualaikum. Feel free to comments, giving ideas and taking parts for discussion on any content within this blog and its link, but please mind your words and behave as syaria compliance. We're Muslim, we're brothers and sisters....we're family!

Copyright © 2019 - Loonaq Records | IslamicTunes. All Rights Reserved.
Template by: Uong Jowo IslamicTunesNews | Muslim Musicpreneurs Community
Powered By Blogger

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.