Latest News

recent

IslamicTunesNews | YUK..!! KITA TINGKATKAN KUALITAS NASYID SECARA MENYELURUH

  Kualitas nasyid harus ditingkatkan

Nasyid sudah berkembang ? Alhamdulillah, kita sudah bisa mengatakan iya. Melihat bukti-bukti bahwa nasyid sudah banyak diterima dan dikenal masyarakat, walau masih ada yang belum tahu. Bahkan, nasyid juga sudah beragam jenisnya dari yang sederhana sekali sampai yang kaya irama. Ini adalah sebuah proses, sama seperti jenis musik lain. Kalau kita mempelajari sejarah beberapa jenis musik, mereka juga mengalami proses dari belum terkenal menjadi populer.
 
Nasyid juga lebih berkualitas dari segi musikalitas dan teknik-teknik bernasyid. Mempunyai komoditi untuk dijual di pasaran. Diminati anak-anak muda, ngepop, lebih asyik didengar dan katanya sih lebih seru-seru. Buktinya beberapa tim nasyid sudah masuk mayor label dalam industri rekaman, ada juga yang mendapat berbagai penghargaan. Bahkan di negeri Malaysia, nasyid sudah disejajarkan dengan musik biasa.
Namun, seiring perkembangan nasyid itu sendiri malah banyak yang mengatakan kualitas nasyid itu sendiri menurun. Lho mengapa ? Iya, kualitas yang dimaksud disini adalah kualitas ruhiyahnya. Banyak yang mengatakan, nasyid makin tidak terasa ruhaniyahnya. Baik itu dari segi lirik nasyidnya maupun dari segi munsyidnya.
Dari lirik misalnya liriknya tidak mempunyai pesan Islami yang kuat. Ini bisa disebabkan dua faktor . Pertama memang liriknya yang kurang pesan ruhaninya. Atau yang kedua bisa jadi liriknya mempunyai pesan islami yang kuat tapi munsyid yang membawakan nasyid tersebut, membuat pesannya liriknya menjadi tidak tersampaikan.
Dari munsyidnya. Banyak yang menyayangkan bahwa beberapa munsyid sekarang belum mencerminkan kepribadian Islami yang kuat. Ada juga yang niatnya bernasyid sudah melenceng, misalnya ingin lebih terkenal.
Melihat kenyataan itu, patutkah kita mensyukuri perkembangan nasyid ini ?
Mari kita belajar dari Alquran Surat Al-Baqarah ayat 208, bahwa mempelajari dan menjalankan agama Islam itu harus secara menyeluruh (kaffah).
“Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam keseluruhan, dan janganlah kamu turut langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu”(Al-Baqarah 208)
Karena itupun, belajar dari konsep ini, dalam menjalankan dakwah dengan nasyid ini pun harus menyeluruh. Tidak hanya meningkatkan kualitas nasyid dari segi musik, vokal dan performance saja. Tapi juga meningkatkan ruhiyah nasyid itu sendiri. Kita harus menjadikannya sejalan beriringan.
Sebagai seorang munsyid (yang mengklaim dirinya munsyid) harusnya memahami dengan benar falsafah berdakwah dengan nasyid itu sendiri. Falsafah utama berdakwah dengan nasyid adalah pesan dalam nasyid itu tersampaikan kepada pendengarnya. Bisa membuat orang tergerak untuk mengingat Allah dan berbuat kebaikan.

Caranya, dalam setiap penampilannya harus mengukuhkan dalam hati falsafah tersebut. Baik itu ketika menampilkan didepan panggung, distudio rekaman dan lain-lain. Seorang munsyid juga sepatutnya mengaplikasikan nasyid-nasyid yang disampaikannya dalam kehidupannya. 

Memang seorang Munsyid bukanlah manusia sempurna. Lantas dengan memegang kaidah ini apakah seorang munsyid tidak berusaha untuk selalu berbuat baik ?
Ini adalah sebuah proses. Allah menilai seseorang dari proses keimanannya.
Tidak hanya munsyid, sepatutnya para pelaku nasyid memahami falsafah ini. Yang dimaksud pelaku nasyid disini adalah orang berkecimpung dan berlakon dalam dunia nasyid. Bisa munsyid, distributor, arranger, composer, manajer, produser, webmaster nasyid, pecinta nasyid dan lain-lain. Jika semua menyadari ini, InsyaAllah akan terbentuk masyarakat nasyid yang lurus dan bersatu hati.

Satu tujuannya, hiburan yang hakiki itu adalah Iman. Bisa jadi suatu saat, tidak diperlukan nasyid lagi. Tapi dengan Dzikir, Shalat dan Al-Quran sudah menjadi hiburan. Wallahualam.
IslamicTunesNews | YUK..!! KITA TINGKATKAN KUALITAS NASYID SECARA MENYELURUH Reviewed by Ibnu Syahrizal on 7:15 PM Rating: 5
Copyright © 2016 - Loonaq Records | IslamicTunes. All Rights Reserved.
Template by: Uong Jowo IslamicTunesNews | Muslim Musicpreneurs Community
Powered By Blogger

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.