Latest News

recent

IslamicTunesNews | KEKUATAN PARA PEMUDA DALAM NERACA ISLAM

Para pemuda muslim adalah kelembutan hati, kesucian jiwa

Di antara sifat-sifat yang dimiliki oleh para pemuda muslim adalah kelembutan hati, kesucian jiwa, ketulusan hati nurani dan kekuatan iman yang berkobar di hatinya. Oleh karena itu, kita dapat memahami bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam mengarahkan seluruh pandangannya dan memusatkan seluruh pikirannya kepada pentingnya menjaga, merawat dan memelihara para pemuda.

Kisah pemuda pada zaman quraisy

Ketika kaum Quraisy sudah berkumpul dan bersiap-siap dengan tentaranya yang berjumlah tiga ribu personil dan bersenjata lengkap pergi menuju Madinah untuk merebut kehormatan mereka yang telah tercemar dan terinjak-injak pada peperangan Badar, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam mengumpulkan para sahabatnya dan menceritakan kondisinya. Setelah Rasulullah shallallahu 'alaihiwasallam bercerita, maka ada seseorang yang di anggap tua berpendapat agar kaum muslimin tetap tinggal di Madinah untuk menunggu kedatangan mereka. Dengan demikian anak-anak kecil dan perempuan dapat berpartisipasi dalam pertempuran dengan melemparkan batu kepada orang-orang musyrik dari atap-atap rumah maupun perbukitan-perbukitan kecil yang ada di Madinah. Pendapat ini dilontarkan oleh Abdullah bin Ubay pemimpin kaum munafiq.


para pemuda menguatkan jati dirinya
Pada waktu perang Uhud, setelah para pemuda menguatkan jati dirinya dalam berpendapat, maka mereka juga menguatkan jati dirinya dengan berpartisipasi di medan pertempuran secara langsung. Dengan demikian maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam memberikan  kesempatan kepada para pemuda mukmin untuk berpartisipasi dalam pertempuran. Diantara para pemuda yang diizinkan mengikuti pertempuran adalah Samrah bin jandab dan Rafi' bin Khulai) yang masih berumur lima belas tahun. Tapi, sebelumnya beliau menolak keikutsertaan mereka berdua, karena dianggap masih terlalu muda. Maka, salah seorang sahabat berkata, "Ya Rasulullah, sesungguhnya Rafi' adalah seorang pemanah (pemanah ulung). Mendengar perkataan itu Rasulullah mengizinkannya. Ketika Rasulullah mengizinkan Rafi' maka para sahabat berkata kepada beliau, "Ya Rasulullah sesungguhnya Samrah bergulat dengan Rafi'. Maka Rasulullah pun mengizinkannya untuk ikut bertempur.
Dari sanalah kita harapkan bahwa pemikiran dan aqidah para pemuda yang dapat menyadarkan umat dari keterlenaannya dan menggerakkan cita-cita yang ada di dalam dirinya kepada masa depan yang lebih baik dan lebih cerah.

Adapun yang membuat seorang pemuda yang bernama Ibrahim itu memberontak kepada berhala-berhala yang disembah oleh kaumnya, dan yang mendorong untuk menghancurkannya itu tidak lain adalah pemikiran baru yang membangunkan orang-orang yang tertidur serta pemikiran yang memperingatkan orang-orang yang terlena dan mabuk bahwa tidak ada Tuhan yang patut disembah selain Allah.

Selain itu, pembangkangan para pemuda ashabul kahfi terhadap penguasa yang zhalim dan sewenang-wenang itu tidak lain adalah bentuk penolakan mereka terhadap pemikiran-pemikiran yang rusak dan menyesatkan dan kemudian menghidupkan kembali fitrah baru yang benderanya di bawa oleh para pemuda.

"Kami sekali-kali tidak menyeru Tuhan selain Dia, sesungguhnya kami kalau demikian telah mengucapkan perkataan yang amat jauh dari kebenaran.” [QS. Al Kahfi [18]:14]

Inilah pemuda, inilah sebagian kedudukannya di dalam Islam. Dan  kita mempercayai setiap cita-cita yang dimiliki oleh para pemuda umat ini adalah untuk mengembalikan wajah Islam yang sebenarnya di atas bumi setelah hilang beberapa lama. Selain itu untuk mengangkat syi'ar tauhid: baik dalam bentuk perkataan maupun perbuatan. Tidak ada Tuhan yang patut disembah kecuali Allah dan tidak ada keputusan kecuali keputusan dengan menggunakan syari'at Allah.








IslamicTunesNews | KEKUATAN PARA PEMUDA DALAM NERACA ISLAM Reviewed by Ibnu Syahrizal on 8:33 PM Rating: 5
Copyright © 2016 - Loonaq Records | IslamicTunes. All Rights Reserved.
Template by: Uong Jowo IslamicTunesNews | Halal Entertainment Community
Powered By Blogger

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.