Latest News

recent

IslamicTunesNews | NASYID SEBAGAI MEDIA MENDEKATKAN DIRI KEPADA ALLAH

Style juga dierlukan dalam ber-Nasyid

Kenapa pesan itu dapat tercipta, karena style nasyid tersebut adalah bagian dari awal sejarah perkembangan nasyid, yang memang saat itu digandrungi bahkan sampe sekarang masih digandrungi. Style-style itu juga masih mendominasi papan atas dalam dunia nasyid sekarang ini. Jadi jelas nasyid-nasyid dengan style baru memerlukan suatu proses untuk dikenali lebih luas dan diakui sebagai bagian dari nasyid. Tapi ingat, tetap dalam batasan bahwa nasyid adalah media untuk semakin ngedekatkan diri kepada Allah swt. Bagaimanapun itu bentuk rupanya, kalau lagu atau penampilan itu membuat orang ingat Allah, maka disebut nasyid.

Kalau mendengar kata nasyid, pasti terbayang satu image musik seperti yang dibawakan oleh Raihan atau Hijjaz yang kental dengan genre melayu atau suasana acapella ala Snada, musik yang minimalis seperti The Zikr dan Qatrunada. Atau juga lagu-lagu perjuangan ala Al-quds atau Izzatul Islam. Performance kostum pun yang terbayang pasti kumpulan vokalis berbaju koko lengkap dengan pecinya. Ya, sebagian besar orang-orang yang masih belum banyak mengetahui perkembangan nasyid akan membayangkan hal itu.

Benarkah nayid sekarang sudah beragam?

Padahal style nasyid sekarang sudah sangat beragam seperti Raihan”, adalah salah satu tim nasyid papan atas yang udah sangat terkenal di Indonesia. Kepopuleran tim nasyid ini sangat mempengaruhi imej nasyid di Indonesia itu sendiri. Tim-tim nasyid lain belum banyak dikenal Sedangkan penyanyi-penyanyi yang musiknya bisa dimasukkan dalam genre nasyid malah dikenal di dunia musik bukan sebagai nasyid. Seperti Haddad Alwi, Debu, Bimbo. Mereka lebih dikenal sebagai Pop Religius.

Munculnya generasi nasyid masa depan


Tim-tim nasyid baru di Indonesia banyak bermunculan bak jamur di musim hujan  namun, kemunculan tim-tim nasyid ini terkesan canggung. Kesan itu timbul karena beberapa sebab. Salah satunya karena mengusung style-style yang kurang variatif dan masih mengekor ke style lama. Selain itu, kebanyakan kemunculan tim-tim nasyid ini dengan modal pemahaman musik yang pas-pasan. Ada juga tim nasyid yang muncul dengan materi musik yang bagus tapi dengan modal vokal yang tidak terlalu spesial. Ada juga kebalikannya dengan materi vokal yang bagus tapi musik yang tidak menjual. Kadang juga, ada dasar vokal bagus tapi tidak dilatih untuk lebih profesional. Jadi benar-benar terkesan canggung di dunia musik.

Suatu saat, imej nasyid sedikit demi sedikit memang akan lebih berbeda di mata masyarakat dengan munculnya nasyid-nasyid style baru ke permukaan. Nasyid-nasyid ini akan lebih meramaikan dan melengkapi style nasyid yang sudah ada, tapi tidak untuk menyingkirkan style nasyid yang sudah ada. Style-style yang ada akan tetap jalan beriringan meramaikan dunia pernasyidan.


IslamicTunesNews | NASYID SEBAGAI MEDIA MENDEKATKAN DIRI KEPADA ALLAH Reviewed by Ibnu Syahrizal on 11:18 AM Rating: 5
Copyright © 2016 - Loonaq Records | IslamicTunes. All Rights Reserved.
Template by: Uong Jowo IslamicTunesNews | Halal Entertainment Community
Powered By Blogger

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.