Latest News

recent

IslamicTunesNews | YANG BERNYAWA PASTI MENGALAMI KEMATIAN

Milik siapa kehidupan yang kekal ?

Suatu ketika di saat pengajian sedang berlangsung, seorang jama'ah bertanya kepada Ustadz. Apakah yang mencabut nyawa manusia juga akan mati, Seperti malaikat Izroil ?

JM : Apakah malaikat Izra'il juga mati dan iblispun mati dan siapa yg mengambil Ruhnya ?
US : Mati menurut Ahlussunnah adalah suatu perkara yang wujudi dijadikan, lagi dapat dilihat. Setiap yang bernyawa pasti akan merasai mati, karna mati itu termasuk salah satu dari makhluk Allah SWT, maka dengan sendirinya, mati itu dijadikan oleh Allah SWT, karena kematian itu adatnya disertai dengan berpisah nya Ruh dari jasad, maka pada hakikatnya yang memisahkan Ruh dari jasad itu adalah Allah SWT, akan tetapi secara majaznya, pencabutan Ruh itu ditugaskan Allah SWT kepada malakul maut artinya malaikat kematian yg bernama Malaikat Izra'il A.S. dan malakul maut itu banyak mempunyai pembantu dari pada malaikat-malaikat sebagai staf dari bagian pencabut nyawa ini.

Firman Allah dalam Q.S. Az-Zumar : 42. Artinya : "Allah yg mewafatkan segala jiwa seketika matinya".
Firman Allah Q.S. As-Sajadah : 11. Artinya : "Katakanlah: mewafatkan kamu oleh malaikat kematian yg diserahi urusan pencabutan nyawa kamu".
Firman Allah Q.S. Al-An'am : 61 . Artinya : "Sehingga apabila datang kematian kepada salah seorang diantara kamu, ia diwafatkan oleh malaikat-malaikat kami dan malaikat-malaikat kami itu tidak lengah terhadap tugasnya ".

Maka para malaikat seluruhnya akan mati termasuk Malaikat Izra'il A.S. dan begitupula dengan iblis sebagai bapak dari bangsa jin. semuanya tidak ada yang luput dari kematian. adapun pelaksanaan pencabutan nyawanya, maka boleh saja Allah yg langsung mencabutnya atau malakul maut yang mencabut nyawanya sendiri. itu semua hal yg bisa terjadi.

Dalam satu hadits riwayat yg panjang, di dalam kitab mukhtashar Tadzkiratul Qurthubi hal.41. Artinya : Apabila makhluk itu telah berkumpul dalam keadaan mati semua, datanglah malakul maut kepada Tuhan yg Maha Perkasa, seraya berkata : Ya Tuhanku, sesungguhnya telah mati ahli langit dan ahli bumi, kecuali mereka yg engkau kehendaki.
Maka Firman Allah S.W.T. Siapa lagi yang masih tinggal, padahal Dia Maha Mengetahui, maka jawab malakul maut : tinggallah Engkau yg hidup tiada mati. dan tinggallah para pemikul Arasy, dan tinggallah jibril, mika'il dan israfil ,dan tinggallah pula aku.
Firman Allah Azza Wajallah : Hendaklah mati jibril dan mika'il . dan Allah perkenankan Arasy berbicara : Ya Tuhanku, telah matilah jibril dan mika'il , maka Firman Allah Azza Wajallah : "Diamlah engkau sesungguhnyan Aku telah pastikan kematian atas tiap-tiap yg ada dibawah Arasy-Ku, maka matilah keduanya".  Kemudian datang malakul maut kepada Tuhan yg Maha Perkasa, seraya berkata : Ya Tuhanku, sesungguhnya telah mati jibril dan mika'il dan tinggallah Engkau yg hidup tiada mati. dan tinggallah malaikat-malaikat pemikul Arasy-Mu, tinggallah aku.

Maka firman-Nya: Hendaklah mati pemikul-pemikul Arasy-Ku, maka matilah semuanya, maka Allah Azza Wajallah perintahkan Arasy, maka dicabutnya sangkakala dari Israfil , kemudian firman-Nya : hendaklah mati Israfil, maka matilah ia. Maka datanglah malakul maut seraya berkata : Ya Tuhanku, sesungguhnya telah mati pemikul-pemikul Arasy-Mu dan israfil. Tinggallah aku. Maka berfirman Allah Azza Wajallah kepadanya : Engkau adalah satu makhluk daripada segala makhlukku , Aku jadikan engkau menurut apa yg aku kehendaki , nah matilah engkau, maka matilah malakul maut.
Wallahu A'lam Bissowab.
Artikel dari Ustadz Hafis Fahmi Nasution, S.Pd.I

IslamicTunesNews | YANG BERNYAWA PASTI MENGALAMI KEMATIAN Reviewed by Mukhlis News Editor on 6:00 PM Rating: 5
Copyright © 2016 - Loonaq Records | IslamicTunes. All Rights Reserved.
Template by: Uong Jowo IslamicTunesNews | Halal Entertainment Community
Powered By Blogger

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.