Latest News

recent

IslamicTunesNews | AWAL TERBENTUKNYA NASYID THEOS SPATHI

Profil Nasyid Theos Spathi 
Nama Grup                     : Theos Spathi
Tahun Terbentuk           : 2009
Management                   : Independent
Personil                          : Muhammad Akbar Nurmuhyi, 
                                        Syaepul Manan, 
                                        Pupu Fakhrurrozi
Prestasi :
ü  Juara IV Lomba Nasyid pada “Festival Nasyid” yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Civic Hukum Universitas Pendidikan Indonesia tahun 2011.
ü  Partisipan pada acara Lomba Nasyid yang diselenggarakan oleh Asosiasi Nasyid Nusantara (ANN) Jawa Barat yang bekerjasama dengan LITA FM pada tahun 2011 bertempat di Gd. Rabbani Dipati Ukur Bandung.
ü  Juara II Lomba Nasyid pada acara Gebyar Milad Al-Falah ke-41 di Pondok Pesantren Al-Falah Nagreg tahun 2011.
ü Juara II pada acara Tekpend Islamic Festival yang diadakan oleh mahasiswa Teknologi Pendidikan UPI Bandung 2013.

Karya : Single “Ini Kisah”.  Cipt : Pupu Fakhrurrozi.  Arr. Ghusni Ibrahim Arif




Awal Mula Bertemu
Pada tahun 2009, kami dipertemukan oleh Allah dalam sebuah lingkungan yang sama, dalam satu almamater yang sama : Jurusan Ilmu Pendidikan Agama Islam UPI Bandung. Bermula ketika sebuah acara “Sekolah Kepemimpinan Mahasiswa IPAI (SKMI) 2009” mengharuskan pesertanya yang saat itu kami sebagai peserta—menampilkan kreasi seninya. Allah menggerakkan hati kami untuk berkumpul dalam satu hobi dan seni yang sama, Nasyid. Terkumpullah lima mahasiswa yang kemudian menjadi cikal bakal lahirnya grup nasyid ini, Muhammad Akbar Nurmuhyi, Pupu Fakhrurrozi, Syaepul Manan, dan Sebli Awan pada vokal, serta Asep Saefulloh pada gitar.

Dengan musik sederhana, yang hanya mengandalkan gitar dan minus one, kami mencoba untuk memberanikan diri mensuarakan apa yang kami sebut kesenangan. Ternyata kesenangan itu berlanjut. Acara-acara internal Jurusan kami terus memakai jasa kami sebagai penghibur. Kami senang, mendakwahkan kalimat-kalimat karimah nan dalam akan makna, namun tetap nyaman mendarat dihati pendengar. Walau dengan suara dan musik yang sederhana ini ternyata tetap mendapatkan respon positif dari para pendengar kami. Alhamdulillah.

Satu langkah telah kami ayunkan untuk kemudian menunggu langkah-langkah selanjutnya. Kami perlu melangkah keluar “zona nyaman”. Menuju panggung seni yang penuh kompetisi, niat kami bukan hanya unjuk gigi untuk mencari eksistensi, namun juga sebagai ajang silaturrahmi dan tentu ridho Illahi. Langkah itu terbuka, dengan adanya perlombaan yang menampung hobi kami. Ini saatnya. Segera kami merapat, bersiap melangkah. Mempersiapkan sebuah nama.

Kami Pilih Nama Itu : “Theos Spathi”
Memilih nama untuk sebuah grup tidak semudah yang kami bayangkan sebelumnya. Banyak pertimbangan dan juga banyak pemikiran. Ah, untungnya ada search engine nan canggih yang sering orang-orang sebut dengan Mbah Google. Cepat kami cari nama-nama yang bagus untuk menamakan grup kami. Pikir kami, jika nama grup ini berasal dari bahasa Indonesia, Arab atau Inggris mah udah biasa atau istilah kerennya mainstream. Kita coba dari bahasa yang unik dan aneh. Ah, Yunani! Pikiran itu mengalir dan nyeleneh begitu saja. Tapi apa yang mesti diterjemahkan ke dalam bahasa Yunani ? Harus ada suatu nama yang pasti, lalu kemudian diterjemahkan. Setelah dipikirkan, muncullah nama Saifullāh, yang berarti Pedang Allah. Tak berlebihan, mudah-mudahan syiar syair melalui lisan kami sedianya menjadi layaknya “Pedang Allah” yang menghujam ke dalam hati siapa saja yang mendengarnya. Lalu kami cari terjemahan Pedang Allah dalam bahasa Yunani, kemudian muncullah nama Theos Spathi, Theos berarti Tuhan, Spathi berarti pedang. Ya, itu saja. Kami pilih nama itu sebagai identitas kami. Bismillah...

Pencapaian Prestisius
Nama Theos Spathi akhirnya menjadi identitas kami. Agar kami dikenal bukan sebagai perorangan, namun sebagai sebuah grup. Nama itu pula yang akhirnya mengantarkan kami mengharungi beberapa perlombaan. Tak kami ingat berapa perlombaan yang kami ikuti, namun dari beberapa perlombaan itu, kami berhasil meraih hasil prestisius pada tiga perlombaan.
Pada tahun 2011, Alhamdulillah kami meraih prestasi pertama dengan mendapat predikat Juara IV pada “Festival Nasyid” yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Civic Hukum Universitas Pendidikan Indonesia.
Masih pada tahun yang sama, kembali meraih prestasi dengan predikat Juara II pada acara Gebyar Milad Al-Falah ke-41 di Pondok Pesantren Al-Falah Nagreg.

Juara II pada acara Gebyar Milad Al-Falah ke-41 
di Pondok Pesantren Al-Falah Nagreg

Dan pada tahun 2013 menjadi Juara II Lomba Nasyid pada acara Tekpend Islamic Festival yang diadakan oleh mahasiswa 
Teknologi Pendidikan UPI Bandung.



Juara II Lomba Nasyid pada acara Tekpend Islamic Festival

Selain ketiga prestasi di atas, kami pun pernah berpartisipasi dalam acara Lomba Nasyid yang diselenggarakan oleh Asosiasi Nasyid Nusantara (ANN) Jawa Barat yang bekerjasama dengan LITA FM pada tahun 2011 bertempat di Gd. Rabbani Dipati Ukur Bandung. Walau pada tahap awal kami lolos, namun pada tahap selanjutnya kami gugur. Meski demikian, pengalaman tersebut tetaplah berharga bagi kami. Juga selain perlombaan-perlombaan di atas, kami sering mengisi acara-acara lainnya, seperti seminar, khitanan dan pernikahan.

Dahulu, Kini, Hingga Nanti 

Dahulu, awal kami terbentuk pada tahun 2009, kami beranggotakan lima personil; Muhammad Akbar Nurmuhyi, Pupu Fakhrurrozi, Syaepul Manan, dan Sebli Awan pada vokal, serta Asep Saefulloh pada gitar.


Dari kiri: Muhammad Akbar, Pupu Fakhrurrozi, Asep Saefulloh, 
Syaepul Manan dan Sebli Awan

Seiring berjalannya waktu, kami mengalami bongkar-pasang personil. Pada awal tahun 2011, dosen kami, bapak Tedi Supriadi menjadi personil baru. Syukur Alhamdulillah, dengan hadirnya beliau yang juga mumpuni bermain keyboard membuat warna musik kami menjadi lebih variatif. Bersama beliau, kami mulai berani untuk mengikuti perlombaan dan menerima job manggung. Pada akhir tahun 2012, bapak Tedi keluar, karena tuntutan kesibukan yang semakin padat. Kami kembali ke format awal, dengan mengandalkan gitar dan minus one.


Foto bersama bapak Tedi Supriadi.

Awal tahun 2013, Ghusni Ibrahim Arif mahasiswa Seni Rupa UPI Bandung masuk sebagai additional player. Meski perannya hanya sebatas additional player, namun skill dan pengalamannya berpengaruh bagi grup kami. Akhir 2013, salah satu personil kami, Asep Saefulloh memilih rehat, sehingga grup kami hanya menyisakan empat orang personil.
Theos Spathi dengan formasi empat personil. 
Dari kiri; Akbar, Sebli, Manan, Pupu.

Awal tahun 2014, Sebli Awan keluar karena memilih hijrah ke kampung halamannya, Palembang. Sehingga hingga kini, grup Theos Spathi menyisakan tiga orang personil, Muhammad Akbar, Syaepul Manan, dan Pupu Fakhrurrozi, dengan Ghusni Ibrahim Arif sebagai gitaris yang memilih menjadi additional player.



Saat briefing dan persiapan bersama Ghusni (berambut panjang) sebelum rekaman single pertama kami, “Ini Kisah”.

Hingga kini, kami masih meneruskan cita dan asa kami, menjadi “Pedang Allah” melalui jalan melantunkan senandung nasyid penuh dengan makna karimah. Sedianya Allah berikan kami usia dan kemampuan agar hingga nanti, hingga Allah memberikan batas waktu-Nya, kami tetap bisa bermanfaat melalui jalan yang sedianya Allah ridhoi. Amin.

Senandung Lagu Kami: Ini Kisah
Selama perjalanan karir nasyid indie ini, kami baru menelurkan satu buah lagu berjudul :”Ini Kisah”. Lagu ini diciptakan oleh Pupu Fakhrurrozi dengan Ghusni Ibrahim Arif sebagai kompositor/arranger. Lagu ini bercerita tentang sebuah fluktuasi kehidupan, cita dan cinta ikatan persahabatan dengan harapan bersahabat menembus alam yang berbeda. Persahabatan abadi hingga di surga kelak. Lagu “Ini Kisah” ditulis pada akhir tahun 2012 oleh Pupu Fakhrurrozi yang pada saat itu kami sedang dalam masa KKN (Kuliah Kerja Nyata) di tempat masing-masing, dengan kesibukan masing-masing. Pupu Fakhrurrozi berinisiatif untuk membuat sebuah karya bagi Theos Spathi. Dibantu oleh Ghushni Ibrahim Arif untuk menemukan nada-nada yang indah bagi calon lagu pertama Theos Spathi ini. Syair “Ini Kisah” diharapkan bisa menjadi ikatan penguat persahabatan lillāh (karena Allah) bagi setiap insan yang mendengar dan menghayati pesan yang disampaikan oleh Theos Spathi.

Lirik dan chord Lagu: Theos Spathi – Ini Kisah

E      D#/B                        D            C#            F#
Tak pernah terpikir sebelumnya...    Ku dipertemukan denganmu oleh-Nya...
A              G#m   C#       F#  B          E
Ku jaga,,, hangatnya...     Hingga kelak di kehidupan abadi...
E       D#/B           D       C#           F#
Takdir-Nya t’lah dewasakan kita…  Penuh kisah indah tuk saling menjaga…
A              G#m   C#         F#  B               E
Anugerah cinta-Nya,,,     menumbuhkan rindu bertemu ilahi…
A                       G#m F#m               E             B
Terpatri kenangan,,,    di jiwa... Perjuangan kita tegakkan Dien-Nya...
 G#m        F#m           B
Terima kasih,,,    Ya Rabbi... Atas persahabatan ini...


Reff:
       A  G#m           F#m B C#
Ini kisah tentang kita,,, pahit manis kita jalani bersama...
A G#m   C#m    F#m        B   E
Hitam putih hidup ini,,,  telah menguatkan kisah kita...
C#m             F#m            A   E
Detik ini yang dapat kulakukan... Merubah perasaan ke dalam kata-kata...
C#m            F#m     A  B C#
Menjadi untaian do’a untuk kita... Sahabat selamanya.... Hhooo...

Reff:
       B  A#m           G#m C#   D#
Ini kisah tentang kita,,, pahit manis kita jalani bersama...
  B  A#m  D#m   G#m         C#    F# A#m
Hitam putih hidup ini,,,  telah menguatkan kisah kita... uhoouoo...
           B  A#m           G#m C#   D#
Ini kisah tentang kita,,, pahit manis kita jalani bersama...
 B  A#m  D#m   G#m         C#    F# A#m
Hitam putih hidup ini,,,  telah menguatkan kisah kita... uhoouoo...

Silaturahim Dengan Kami…

FB : Theos Spathi
IG : theosspathi

Muhammad Akbar Nurmuhyi:
HP/WA : 087823795018
Syaepul Manan:
HP/WA : 08987528259
Pupu Fakhrurrozi:
HP/WA : 087822907132




IslamicTunesNews | AWAL TERBENTUKNYA NASYID THEOS SPATHI Reviewed by Mukhlis News Editor on 3:51 PM Rating: 5
Copyright © 2016 - Loonaq Records | IslamicTunes. All Rights Reserved.
Template by: Uong Jowo IslamicTunesNews | Halal Entertainment Community
Powered By Blogger

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.