Latest News

recent

Mengulik Sepinya Lagu Religi Untuk Ramadan



Menjelang hadirnya bulan suci Ramadan 1440 H di Tahun 2019 M ini, belum kelihatan para musisi papan atas yang merilis lagu religi sempena Ramadan.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, kehadiran Ramadan jadi ladang gambut bagi para musisi untuk berkarya. Meskipun sebelumnya mereka bukan solois atau grup musik yang biasa membawakan lagu religi. Dan kesuksesan mereka raih, yang ditandai dengan diterimanya lagu-lagu mereka oleh para penikmat musik. Seperti yang pernah dialami oleh Opick, Gigi Band, Wali Band, Padi, dan lainnya.

Apakah benar lagu religi Ramadan sudah tidak diminati lagi?

Penikmat musik selalu menunggu karya-karya lagu religi yang kreatif dan inovatif, yang berbeda dari lagu-lagu yang sudah ada. Dari sinilah para musisi dituntut untuk mampu mengeksplorasi tema dan garapan musik dengan vokal yang dapat menarik perhatian. Penikmat musik butuh sesuatu yang baru, bukan pengulangan.

Sepinya sambutan lagu religi untuk bulan Ramadan bisa saja disebabkan oleh market share yang difokuskan oleh label musik tidak lagi ke arah sana.

Jalan sepi ini jadi peluang bagi musisi pemula untuk mendapatkan tempat di hati para penikmat musik asalkan karya yang dilahirkan adalah lagu religi yang dibumbui dengan nilai-nilai entertainnya.

Mengemas lirik lagu yang entertain bisa dengan memasukkan isu sosial dan kemasyarakatan yang tengah mencuat, atau sisi romantis untuk mengajak pada ridha Allah.

Mengemas lagu religi dengan nilai-nilai entertain bukanlah perkara yang mudah. Kembali kepada kemampuan musisi untuk mengeksplorasi potensi yang ada. Ramadan yang bakal hadir bisa jadi kesempatan untuk membuktikannya.

Mengulik Sepinya Lagu Religi Untuk Ramadan Reviewed by Muhammad Fadhli on 12:58 PM Rating: 5

No comments:

Assalamualaikum. Feel free to comments, giving ideas and taking parts for discussion on any content within this blog and its link, but please mind your words and behave as syaria compliance. We're Muslim, we're brothers and sisters....we're family!

Copyright © 2019 - Loonaq Records | IslamicTunes. All Rights Reserved.
Template by: Uong Jowo IslamicTunesNews | Muslim Musicpreneurs Community
Powered By Blogger

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.