Latest News

recent

Tips Sederhana Untuk Jadi Penyanyi Sukses



Diterimanya seorang penyanyi dengan karya lagunya oleh masyarakat ditentukan banyak faktor. Selain kehendak Allah SWT yang ingin mengangkat derajat kemuliaan seseorang, ikthiar tentu  juga diperlukan.

Vokal memiliki peranan penting pada sebuah lagu, karena pesan lagu terkandung di dalamnya. Meskipun komposisi musik telah diaransemen dengan baik, ketika vokal tidak dikonsep dengan matang maka karya lagu yang dilahirkan jadi sulit untuk melekat di hati pendengarnya.

Mengonsep vocal, identik dengan membentuk karakter seorang penyanyi. Karakter vokal harus dikenakan sedari mula merilis lagu. Seorang penyanyi yang sukses membentuk karakter vokalnya ditandai dengan mudahnya orang mengetahui bahwa ia yang menyanyikan sebuah lagu, meskipun itu adalah lagu baru atau lagu orang lain yang dinyanyikannya.

Membentuk karakter vokal diawali dengan pemilihan jenis suara yang digunakan. Jenis suara itu ada beberapa macam, seperti; suara perut, suara dada, suara tenggorokan, suara hidung, suara kening, dan lainnya. Seorang penyanyi akan memilih jenis suara yang lebih nyaman digunakannya. Namun setiap orang sejatinya memang sudah dianugerahi Allah SWT dengan karakter vokalnya masing-masing. Vokal asli dan improvisasi berperan untuk melahirkan katakter yang belum pernah digunakan oleh penyanyi lain. Disinilah kreativitas dan inovasi itu diperlukan.

Setelah seorang penyanyi memiliki karakter vokal, saat rekam vokal tinggal menyesuaikan dari kebutuhan lagu dengan melahirkan penjiwaan di tiap kata pada lirik lagunya. Bernyanyi itu sama dengan bicara, hanya saja diiramakan. Pesan sedih, bahagia, larangan, ajakan, atau emosionalitas lainnya haruslah jelas.

Beruntung jika saat rekam vokal seorang penyanyi dituntun oleh operator studionya. Adakalanya penyanyi dibiarkan saja tanpa dipandu. Meskipun teknologi semakin canggih, dimana hasil rekaman vokal bisa tune, namun soul lagu akan hilang.

Akan tetapi, semua tips ini tetap hanyalah ikhtiar. Kesuksesan seorang penyanyi dengan karya lagunya yang diterima oleh banyak orang, hanya Allah yang akan menentukannya. Bisa kita yakini, seorang penyanyi bisa memperoleh kesuksesan jika ia mampu untuk menjaga perilaku yang baik, jauh dari perbuatan maksiat, santun pada orangtua, gemar bersilaturahmi, suka menolong orang lain, dan menjaga ibadahnya. Allah SWT Tidak pernah salah menentukan orang-orang pilihan-Nya untuk dimuliakan dan diangkat derajatnya di muka bumi. Insya Allah.

(Ditulis oleh Muhammad Fadhli - Reporter IslamicTunes News)

Tips Sederhana Untuk Jadi Penyanyi Sukses Reviewed by Muhammad Fadhli on 8:14 PM Rating: 5

No comments:

Assalamualaikum. Feel free to comments, giving ideas and taking parts for discussion on any content within this blog and its link, but please mind your words and behave as syaria compliance. We're Muslim, we're brothers and sisters....we're family!

Copyright © 2019 - Loonaq Records | IslamicTunes. All Rights Reserved.
Template by: Uong Jowo IslamicTunesNews | Muslim Musicpreneurs Community
Powered By Blogger

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.