Latest News

recent

7 Sifat Tauladan Ustadz Arifin Ilham


Manusia yang dimuliakan dan diangkat derajatnya di dunia oleh Allah SWT tidaklah banyak jumlahnya. Namun, orang yang jadi panutan umat dan didengar perkataan dan nasihatnya adalah sosok yang selalu dibutuhkan pada sebuah peradaban. Apalagi bagi kita, manusia-manusia akhir zaman. Kepergian Ustadz Arifin Ilham menghadap sang khalik pada hari Rabu 23 Mei 2019 pukul 23.20 waktu Penang, membuat kita kehilangan, bagi umat Islam di Indonesia dan juga bagi umat muslim di Asia Tenggara yang mengagumi kepribadiannya.

Alamiah terjadi, kita akan terkenang pada kebaikan seseorang ketika ia telah tiada. Apalagi Ustadz Arifin Ilham, sosok inspiratif yang meninggalkan beberapa sifat yang wajar untuk kita teladani.

Setidaknya ada 7 sifat Ustadz Arifin Ilham yang patut untuk kita taudalani.

1. Lembut Bertutur Kata

Kelembutan Ustadz Arifin Ilham dalam menyampaikan tausiyah, mampu menyentuh hati para jamaah yang mengikuti kajiannya. Membuat materi dakwah yang dibawakan dapat diterima dan memotivasi untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Kelembutan dalam bertutur kata tidak hanya dalam nada bicara, tapi juga dalam pemilihan kata yang tak menyinggung perasaan.

2. Tegas Menyampaikan Syariat dan Hukum Islam

Ustadz Arifin Ilham selalu tegas menjelaskannya. Namun nada bicara yang lembut tetap dijaganya.

3. Menjaga Hablum Minannas

Sebagai makhluk sosial, Ustadz Arifin Ilham berusaha untuk selalu menjalin silaturahmi dengan siapapun. Sifat inilah yang membuat dirinya disenangi banyak orang, juga dihargai oleh para ulama. Saat kampanye Pilpres 2019 bisa meyakinkan kita, bagaimana dirinya punya hubungan emosional yang bagus, baik dengan Joko Widodo dan juga Prabowo Subianto.

4. Menegakkan Kebenaran dan Menentang Kebatilan

Sejak kecil Ustadz Arifin Ilham sudah terdidik untuk rela berjihad, membantu temannya yang lemah dan menolongnya ketika temannya yang lain mendzaliminya.

5. Adil

Seperti yang kita ketahui Ustadz Arifin Ilham diamanahkan untuk memiliki beberapa orang istri. Meskipun parameter untuk adil itu sangat dinamis, namun tak kita dengar ada masalah mencuat baginya dalam berpoligami. Keikhlasan meronai perjalanannya.

6. Tidak Mengikat Diri pada Pakem atau Tarekat Tertentu

Ustadz Arifin Ilham tidak mengikat pada tarekat atau kelompok tertentu, beliau cenderung untuk menjalankan syariat agama sesuai dengan Al Quran dan hadis, tanpa didogma oleh paham tertentu. Dalam berzikir mudah dipahami, membuat zikirnya bisa diikuti oleh semua orang dan golongan.

7. Gemar Bersedekah


Dalam kesehariannya Ustadz Arifin Ilham sangat mudah membantu orang-orang yang sedang berkesusahan, berbagi rejeki dengan mensedekahkan hartanya bagi yang membutuhkan, tanpa harus diminta terlebih dahulu. Amalan inilah yang bisa saja jadi kunci baginya untuk memperoleh keberkahan hidup dari Allah SWT.

Meskipun kita manusia tiada yang sempurna, namun banyak sifat-sifat lain yang dimiliki Ustadz Arifin Ilham yang pantas untuk kita tauladani.

Penulis meyakini kemuliaan hidup dan derajat Ustadz Arifin Ilham yang diangkat oleh Allah SWT adalah karena dirinya selalu berusaha untuk menjadikan Rasulullah Muhammad SAW sebagai cerminan hidup.

"Insya Allah, tujuhpuluh ribu orang yang akan masuk surga bersama Rasulullah SAW tanpa dihisap adalah orang-orang yang semata-mata menjadinya nabi Muhammad SAW sebagai tauladan dalam menempuh kehidupan." 

Wallahualam.

(Ditulis oleh Muhammad Fadhli, Reporter IslamicTunes News)
7 Sifat Tauladan Ustadz Arifin Ilham Reviewed by Muhammad Fadhli on 10:17 PM Rating: 5

No comments:

Assalamualaikum. Feel free to comments, giving ideas and taking parts for discussion on any content within this blog and its link, but please mind your words and behave as syaria compliance. We're Muslim, we're brothers and sisters....we're family!

Copyright © 2019 - Loonaq Records | IslamicTunes. All Rights Reserved.
Template by: Uong Jowo IslamicTunesNews | Muslim Musicpreneurs Community
Powered By Blogger

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.